Selasa, 05 Agustus 2008

Djarum Black Motodify Samarinda 2008 (12-13/7) : Tampilan Menipu Yamaha F1ZR

Siapa yang tidak tertarik jika melihat tampilan motor yang satu ini. Bagaimana tidak, motor bergaya sport dengan tampilan mencolok di bagian kaki-kaki serta body tersebut tampak begitu eye catching dan mampu menarik perhatian para pengunjung Djarum Black Motodify Samarinda 2008. Hadir dengan tampilan cat warna putih dibalut motif hotwheels membuat motor sport ini tampak begitu menarik. Tapi tahukah anda bahwa motor yang satu ini aslinya adalah motor Yamaha F1ZR.
Motor F1ZR milik Ir.Tomi Abdullah Hidayat asal Kutai Kartanegara tersebut memang sudah mengadopsi prinsip "transexual". Prinsip transexual inilah yang memang memungkinkan motor hanya terlihat aslinya pada bagian mesin saja. Mengenai konsep motornya Tomi menjelaskan "Inikan pada dasarnya motor bebek dan saya ingin motor ini kelihatan lebih gagah. Konsep awalnya dari depan mengambil lampu depan Jupiter Z yang baru kemudian tangki dari Ninja RR kemudian dicustom dengan gaya hot wheels sedang body belakang itu dari basicnya Ninja RR hanya dicustom seperti Yamaha R1. Untuk kaki-kaki mengadopsi kaki-kaki Ninja RR semua, knalpot serta footstep custom terus hampir semua dikerjakan dengan menggunakan fiber jadi yang masih bersih hanya kaki-kaki, rangka, serta mesinnya saja."
Lebih rinci mengenai bagian-bagian di motor ini mulai dari kaki-kaki depan, fork, rem/cakram, serta kalipernya memakai milik Ninja RR sedang master rem depan dan tromolnya merk PSM. Untuk kaki-kaki belakang, shock dan rem/cakram menggunakan milik Ninja RR sedang kaliper, master rem serta tromol memakai merk Nissin. Untuk velg memakai Enkei ukuran depan 1,85x17 sedang belakang 2,50x17 yang dibalut ban depan IRC 90/90x17 dan ban belakang Battlax 130/70x17. Bagian body sendiri terdiri dari rangka kedok depan model Jupiter Z model custom dari bahan fiber, Fairing Hotwheels BDF, buritan model Yamaha R1 custom.


Bagian yang paling tidak banyak mengalami perubahan adalah bagian mesin. Mulai dari blok mesin, kruk as, karburator, pengapian, kopling serta oil coolernya masih orisinil Yamaha F1ZR. Untuk knalpotnya sendiri dirancang custom model knalpot kolong, sedang tangki bensin yang juga jadi inovasi di motor ini adalah pengadopsian tangki bensin ala hotwheels 3D Fibertrend. Untuk variasi lain diantaranya footstep buatan sendiri, stang Ninja RR, lampu depan, belakang serta sein memakai lampu Jupiter Z. Mengejar konsep motor sport, di motor ini juga ditambah tabung NOS dan takometer. Sedang untuk pewarnaan, motor ini memakai cat dan pernis merk Siken dengan warna putih model hotwheels. Lama modifikasi untuk penerapan F1ZR model motor sport ini memakan waktu sekitar 3 bulan dan total biaya yang dihabiskan mencapai 17 juta.
Dengan segudang modifikasi diatas, tak heran jika facelift F1ZR jadi motor sport ini mampu menyabet gelar sebagai The Killer Look dalam Djarum Black Motodify 2008 di Samarinda kali ini. Motor modifan bengkel Twin Fiber Planet mampu menang berkat keseriusan detail dan gubahan body fiber yang memang sudah sangat baik.


1 komentar:

Ega.iruel mengatakan...

mantap n indah